Pengobatan Kanker

Menggunakan obat untuk menyembuhkan kanker adalah cara yang banyak digunakan untuk melenyapkan sumber kanker, karena banyak penderita kanker merasakan rasa nyeri yang sangat menyakitkan.

Oleh karena itu pengobatan kanker lebih difokuskan pada management rasa nyeri akibat kanker. Pengidap kanker seperti Bapak H dari Bandung mengalami nyeri dan penekanan akibat kanker usus (kanker usus besar).

Perawatnya mengatakan agar ia meminum pil morfin secara teratur dan agar ia tidak melewatkan obatnya kecuali diberitahu demikian, dan juga meminum dua tablet ibuprofen (advil, Motrin IB, Nuprin) empat kali sehari demi pengobatan kankernya. Ia juga memberi obat untuk memperlancar buang air besar dan meminta bapak H untuk membuat catatan harian tentang rasa nyeri dan peredaanya. Pak H harus menguhubunginya selama perawatan apabila sebagian besar besar nyerinya belum hilang hingga keesokan harinya, jika nyerinya itu bertambah hebat, atau jika timbul efek samping obat.

Pak H sangat khawatir dalam masa pengobatan ini, karena ia harus meminum obat secara rutin demi kesembuhan kankernya, atau untuk meredakan rasa nyeri akibat kanker ususnya. Ia terutama sangat cemas mengenai pemakaian morfin dan hanya menggunakan obatnya jika rasa nyeri sangat hebat. Ia sama sekali tidak menghubungi perawatnya, walaupun rasa nyeri telah ia rasakan sudah lama ia rasakan. Oleh karena itu peduli kanker memberikan beberapa tips dan metode untuk mengatasi rasa nyeri akibat kanker pada masa pengobatan.

1 comments:

obat kanker said...

apakah ada pengaruh efek samping kalau pasien diberikan obat penghilang rasa sakit seperti morphin

Post a Comment

Anda mempunyai pertanyaan atau saran?? jangan ragu-ragu untuk segera memberitahu kami. Tulis komentar Anda di bawah ini.